May 17, 2011

Mini Pizza Acak Adul

Host KBO bulan ini Jeng Orit memberi tantangan untuk bikin Pizza Mini. Keder? Jelas, saya merasa diri saya tidak berjodoh ketika harus berhadapan dengan adonan roti.. bantet melulu...:(( Tapi, namanya juga tantangan, kita cubak aja, sapa tau kali ini saya bisa menundukkan kutukan roti di diri saya :)

Awalnya sih pingiin minta bantuan si babeh buat nguleni adonannya, tp kalo si babeh pun saya kerahkan di dapur, siapa yang "megang" anak-anak? akhirnya saya urungkan niat saya (dan akhirnya saya menyesali keputusan saya) sebagai gantinya saya keluarkan mixer.

Setelah timbang-timbang, saya mulai membuat doughnya terlebih dahulu.. Pas baca resep agak heran juga sih, karena ternyata resep dough-nya ndak pake telur ataupun mentega, tp disana ada minyak sayur sebagai pengganti mentega (asumsi saya).

Bahan Dough :

500 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake cakra kembar)  
4 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt ragi instant
2 sdm minyak goreng
125 - 150 ml air hangat




Cara Membuat :
1. aduk semua bahan kering, tuangi air sedikit demi sedikit, tuang minyak goreng. Aduk rata sampai kalis, istirahatkan selama 30 mnt. (proses sampai mencampur bahan kering sih lancar jaya, saya mulai menghidupkan mixer pake pengaduk yang spiral itu lho, saya mulai menambahkan air sedikit demi sedikit.. hasilnya masih kering.. gak lama saya mulai memasukkan minyak goreng.. ehh masih kering juga.. gak ngempel seperti bayangan saya. saya muali desperado.. saya matikan mixer dan mulai nguleni secara manual.. hasilnya tidak sempurna seperti bayangan saya.. masih retak2.. padahal sudah saya uleni cukup lama lho, soalnya saya mulai pegel *sigh)

2. kempeskan adonan, timbang adonan masing-masing 25 gr, bulatkan adonan, istirahatkan lagi selama 30 menit. (ga bisa ngempesin adonan, wong ora ngembang blas kok hahahahaha...)

3. gilas adonan, beri toping, dan panggang dlm oven 190 derajat celcius selama 15 - 20 menit. (setelah di tipiskan pizzaku diberi topping saos tomat, mayonaise, smoked beef, bawang bombai dan keju quick melt).


                                      

4. sajikan panas....


this is it.. Mini Pizza Acak Adul ala chef Ami Quinn
Result :
1. kulitnya alot bukan kepalang.. lha iya wong bantat kok.. tp hrs tanggung jawab menghabiskan karena orang rumah ga ada yang suka :)).. ternyata Roti masih jadi kutukan saya wakakakaakak....



3 comments:

Dian said...

toping menggoda lhoooo..masa ga ada yg mau makan sih?? andai saya disana yah..pasti habis..xixixi

ami said...

Susah nek anak karo bojo selera Jowo.. coba nek tantanganne Wajik opo wingko pasti cepet ludes e

Anonymous said...

Cah Ngalam nyoba bikin pizza .... hebat-hebat ....
mbok kita dikhabari kalau butuh cip-icip ...

Mi,kalau nguleni dough pakai mixer en tangan ngga sukses mungkin bisa dicoba diuleni pakai kaki.... hehehe.....

Cah Ariobimo 4floor

Post a Comment