March 20, 2011

MarMan vs TerBul

Yaaayyyy...
Sukses juga bikin TerBul.. :) 
Posting kali ini untuk menjawab tantangan KBO jilid I. Belum terlalu berani bereksperimen, pokoke manuttt nutt sama panduan yang ada di resep. Hasilnya, TerBul ku mumbul dengan suksesnya, enakk dan laris manis...
saking larisnya, sampe bikin dua kali lho.. yang pertama hari sabtu lalu, diisi sama pisang dan keju. Hari kedua diisi sama keju dan meises (pisang e entek). 



Berikut aku share resepnya ya...

bahan - bahan :

Bahan A :
125 gr tepung terigu protein rendah, ayak (aku pake segitiga)
25 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
175 ml air
1/2 sdt ragi instan

Bahan B :
2 btr telur
1/8 sdt soda kue
25 gr gula pasir

Bahan toping :
mentega/ butter (aku pake salted butter)
keju
meises
pisang 
(kl yang ini sesuai selera dan isi kulkas kali yeee)

Cara membuat:

1. kocok bahan A (kecuali ragi) dengan mixer, sampai halus. Tambahkan ragi, aduk sampai tercampur rata. (kl aku, adonan aku tutup pake plastic wrap, biar raginya bekerja sempurna). diamkan adonan selama 2 jam.

2. kocok lepas bahan B, campur dengan bahan A. aduk hingga tercampur rata.

3. panaskan loyang (or wajan teflon), tuangkan adonan (apabila teflon sdh panas, maka akan berdesis). ratakan pinggirnya, biarkan adonan membentuk rongga, taburi gula dikit ajaaaa, tutup loyang or wajan. masak dengan api yang kecil.

4. sering-sering ditengokin, ketika adonan mengkilap, berarti udah mateng tuh. 

5. angkat, pindahkan ke tempat datar (talenan) belah 2 sama rata. panas-panas olesi mentega or butter, tabur dengan bahan isian, tutup dengan bagian yang lain.

6. sajikan panas2..

selamat mencoba ya.. dijamin ketagihan, jd menghemat uang buat beli TerBul di pinggiran deh... 

2 comments:

Dian said...

wow pake butter..lebih enak niy..saya pake margarin a la abang2...xixi

Ami Wikanti said...

betul tantoo.. ini enak sekali kalo pake butter, tp sebenernya pake butter krn mentega di rumah lagi hbs.. :)

Post a Comment